Lalu, bagaimana membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar? Berikut contohnya :

  1. Siapkan dulu berkas yang harus dilampirkan di surat lamaran kerja

Sebelum mulai menulis surat lamaran kerja, ada baiknya kamu menyiapkan terlebih dulu berkas-berkas yang dibutuhkan. Berkas-berkas ini adalah sebagai bukti pendukung apa yang kamu tulis di surat lamaran kerja.

Misalnya, kamu ingin melamar pekerjaan sebagai seorang jurnalis. Maka siapkan berkas berupa ijazah terakhir, serta berkas pendukung lainnya, seperti sertifikat pelatihan menulis dan portofolio tulisan.

Pada umumnya, berkas yang dibutuhkan untuk dilampirkan bersama surat lamaran kerja adalah sebagai berikut.

  1. Daftar riwayat hidup (CV)
  2. Salinan ijazah S1
  3. Salinan transkrip nilai
  4. Salinan sertifikat kursus dan pelatihan
  5. Pas foto terbaru

 

  1. Format penulisan surat lamaran kerja

Sebagai salah satu surat resmi, surat lamaran kerja memiliki format penulisan yang baku. Format ini dimaksudkan supaya surat lamaran kerja mudah dipahami oleh penerima dan tidak menimbulkan interpretasi ganda. Berikut ini akan dijelaskan format penulisan surat lamaran kerja berdasarkan urutannya.

  1. Tanggal dan tempat penulisan surat
    Pada bagian atas surat lamaran kerja kamu perlu menuliskan tanggal dan tempat penulisan surat tersebut dibuat. Tujuannya agar rekruiter tahu domisili tempat tinggalmu, sehingga bisa mempertimbangkannya.
  2. Tujuan surat, serta nama dan alamat perusahaan yang kamu lamar
    Kemudian surat lamaran kerja dilanjutkan dengan menuliskan tujuan dibuatnya surat tersebut, serta nama dan alamat perusahaan yang kamu lamar. Kamu hanya perlu menuliskan perihal tujuan surat, lalu tuliskan ‘Yth.’ kemudian diikuti dengan nama dan alamat perusahaan.
  3. Salam pembuka dan kata pengantar
    Selanjutnya, kamu menuliskan salam pembuka dan jelaskan secara singkat dari mana kamu mendapatkan informasi lowongan pekerjaan itu.
  4. Data diri
    Pada bagian data diri, kamu tidak perlu menuliskannya terlalu lengkap. Cukup sebutkan nama, tempat tanggal lahir, alamat, email, nomor telepon, dan pendidikan terakhir di bagian ini.
  5. Pengalaman kerja dan keahlian
    Setelah itu, tulis secara singkat namun padat mengenai pengalaman kerja dan keahlian yang kamu miliki. Hal ini akan menjadi perhatian khusus bagi rekruiter. Maka dari itu, jangan sampai salah menuliskannya, ya.
  6. Penutup
    Sebagai penutup tuliskan harapanmu agar surat lamaran kerja yang kamu kirimkan ini mendapat respon positif. Jangan lupa tuliskan salam, serta tanda tanganmu di bagian bawah.

Sumber : Popbela.com