Bandung-Mengutip artikel jobstreet menjelaskan bahwa Perbankan adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit maupun bentuk lainnya. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, khususnya di Indonesia. Dalam dunia industri perbankan memiliki jenjang karir yang beragam

Karir dalam industri perbankan

Dalam industri perbankan, posisi dan tugas para karyawan biasanya dibagi ke dalam dua segmen, yakni segmen bisnis dan operasional. Untuk mengetahui informasi seputar kedua segmen tersebut, pastikan kamu membaca artikel ini sampai akhir, ya!

Segmen bisnis

  1. Customer Service

Customer service merupakan salah satu divisi yang memegang peranan terpenting dalam perusahaan penyedia layanan jasa, tidak terkecuali dalam industri perbankan.

  1. Account Officer

Seorang account officer bertanggung jawab dalam mencari nasabah layanan kredit yang layak menurut peraturan bank. Selain itu, account officer juga bertugas dalam melakukan analisa kelayakan pemberian kredit serta memantau kelancaran pembayaran debitur.

  1. Credit Analyst

Credit analyst bertugas untuk melakukan analisa seluruh data keuangan nasabah. Hal ini meliputi kebiasaan pembayaran, informasi mengenai tabungan atau simpanan, sumber pendapatan, hingga aktivitas belanja nasabah.

Segmen operasional

  1. Teller

Sama halnya dengan customer service, teller bank memiliki peranan yang sangat penting dalam keberlangsungan sebuah bank.

  1. Back office

Terdapat banyak posisi di back office, umumnya posisi ini bersifat administratif, tergantung kebutuhan serta tujuan bank tersebut. Beberapa posisi yang umum ditemui adalah IT supportadministrasi, hingga logistik.

  1. Credit admin

Credit admin adalah seseorang yang bertanggung jawab atas pengelolaan data nasabah kredit.