Bandung – Dikutip dari kompasiana.com Memang mencari pekerjaan adalah hal yang sulit untuk dilakukan apalagi di masa sekarang ketika perekonomian sedang tidak stabil, namun ada beberapa tips berikut ini untuk mempermudah mencari pekerjaan.

  1. Buatlah Resume & Portofolio Yang Menarik
    Resume atau CV adalah hal penting ketika ingin melamar pekerjaan, kesalahan yang sering dilakukan dalam penulisan CV biasanya karena kurangnya informasi seputar pekerjaan apa yang di lakukan sebelumnya, selain itu, buatlah CV yang lebih kreatif namun tetap terkesan formal.
  2. Daftar Di Platform Perkembangan Karir/Job Seeker
    Kamu bisa coba mendaftarkan dirimu di situs lowongan kerja. Selain bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan besar, situs/platform tersebut juga lebih mempermudah ketika ingin melamar pekerjaan.
  3. Perbaiki Tampilan LinkedIn
    Hampir setiap perusahaan memiliki akun LinkedIn dan sering pula mereka membagikan info tentang lowongan kerja, berarti dengan seperti itu proses pelamaran yang diajukan juga akan lebih mudah. Namun besarnya daya saing di LinkedIn membuat kamu harus sering-sering aktif menggunakan supaya perusahaan dapat melihat akunmu.
  4. Follow Akun Info Lowongan Kerja
    Di media sosial seperti instagram, twitter, dan facebook banyak akun yang membagikan wongan pekerjaan loh. Kalian bisa follow akun-akun tersebut untuk lebih mengetahui tentang informasi lowongan pekerjaan ter-update.
  5. Improve Skill Selagi Menunggu Panggilan
    Saat sedang sibuk dengan sesuatu waktu jadi berlalu cepat, kamu juga akan merasakan hal yang sama ketika belajar untuk meningkatkan skill-mu karena waktu ketika kamu menunggu panggilan interview/kerja tidak akan terasa lama. Selain itu hal ini dapat membuat citramu baik di mata recruiter loh karena kamu menjadi pribadi yang suka belajar.

Sumber : kompasiana.com