Cara Melatih Kemampuan Beradaptasi di Tempat Kerja Baru

Banyak orang yang sering berpindah-pindah tempat kerja dengan alasan tidak betah, rekan kerja yang tidak menyenangkan, atau tekanan kerja yang terlalu berat. Sebenarnya, semua masalah tersebut adalah sama, yaitu kurang bisa beradaptasi di lingkungan tempat kerja yang baru. Kemampuan beradaptasi adalah keterampilan alami, maka dari itu sebenarnya kemampuan ini bisa dilatih dan dikuasai. Berikut adalah beberapa tips untuk melatih kemampuan beradaptasi di tempat kerja yang baru:

  1. Jadilah Pribadi yang Baik, Jujur , Apa Adanya, dan Tidak Berlebihan

Jadilah pribadi yang baik, jujur, apa adanya, dan tidak berlebihan di mana pun Anda berada termasuk di tempat kerja baru Anda. Hal ini harus dilakukan dalam segala kondisi. Menjadi diri sendiri akan jauh lebih baik daripada menjadi orang lain.

  1. Bersikap Ramah dengan Rekan Kerja

Di tempat kerja baru, dengan bersikap ramah akan membuat Anda jauh lebih mudah diterima. Jadilah pendengar yang baik, karena pada dasarnya setiap orang ingin didengarkan. Bersikap ramah akan membuat orang lain tidak lagi sungkan ketika akan bercerita atau meminta bantuan kepada Anda, dan dari sinilah teman akan mulai mendekat satu persatu dan saling mengenal satu sama lain.

  1. Amati dan Pantau Perubahan yang Terjadi di Tempat Kerja Baru Anda

Anda tidak akan tahu betapa pentingnya suatu perubahan sampai Anda melihat sendiri manfaat yang diperoleh dari perubahan tersebut. Kemampuan beradaptasi meliputi mengamati dan memantau tren, nilai, sikap, dan lain-lain. Anda bisa membandingkan pengamatan saat ini dengan yang lalu dan mencari tahu apa yang telah berubah.

  1. Bersedia Belajar

Salah satu kunci keberhasilan beradaptasi ditempat kerja yang baru adalah dengan bersedia belajar. Ingat Anda pasti membutuhkan skill atau kemampuan lain ditempat kerja baru Anda, jadi jangan malas untuk belajar agar bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja maupun pekerjaan Anda sendiri.

  1. Jangan Menunda Pekerjaan

Selain bersedia belajar, Anda juga tidak boleh menunda-nunda pekerjaan. Lakukan tindakan yang memang diperlukan. Ingatlah bahwa adaptasi akan lebih efektif jika Anda mengambil tindakan sebelum terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

  1. Tetap Tenang dan Percaya Diri

Untuk melatih kemampuan beradaptasi, Anda harus tetap tenang, percaya diri, dan siap untuk membuat keputusan tepat ketika dihadapkan dengan tantangan yang tak terduga. Kemampuan beradaptasi seperti ini menunjukkan keseimbangan antara ketenangan dan fleksibilitas.

  1. Jangan Ragu untuk Minta Maaf, Minta Tolong, dan Berterima kasih

Ketika seseorang memasuki dunia kerja baru, teman kerja baru, dan lingkungan yang baru, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, yaitu sopan santun. Jika Anda bisa mengolah semuanya dengan benar, hal ini akan menjadi nilai positif bagi Anda. Sepertinya terkesan sepele, namun dengan mengucapkan 3 kata ajaib yaitu maaf, tolong, dan ucapan terima kasih dapat membuat sebuah perubahan yang besar.

Itulah 7 cara melatih kemampuan beradaptasi di tempat kerja yang baru. Semoga ini dapat membantu Anda yang sedang bermasalah dengan tempat kerja Anda yang baru, atau bagi anda yang akan segera pindah ke tempat kerja yang baru.

References:

https://www.linovhr.com