Apa itu Magang Umum?
Magang Umum merupakan salah satu jenis program dari Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA) BUMN yang akan dibuka pendaftarannya dalam waktu dekat. Magang Umum adalah program magang terintegrasi dari magang-magang BUMN non SKS yang sebelumnya dijalankan secara mandiri oleh masing-masing BUMN. Magang Umum diperuntukkan bagi mahasiswa aktif dan fresh graduate dengan durasi yang variatif, mulai dari 1 bulan hingga maksimal 12 bulan. Program ini memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman kerja, berkarya dan berperan aktif dalam project BUMN, serta membangun networking untuk modal di masa depan.

Apakah dapat dikonversikan menjadi SKS?
Secara standarisasi, Magang Umum MAGENTA BUMN merupakan program pemagangan non SKS yang berfokus untuk fresh graduates dan mahasiswa semester akhir yang sedang mencari pengalaman bekerja. Namun, tidak menutup kemungkinan terdapat BUMN yang mengakomodir konversi SKS, silakan mengecek “description box” dari masing-masing lowongan magang pada platform Magenta BUMN.

Bagaimana cara mahasiswa mendaftar? Apakah harus melalui career center? Apakah harus ada MoU dengan Perguruan Tinggi?
Para calon peserta dapat secara langsung mendaftar pada Platform MAGENTA BUMN, sehingga tidak diperlukan MoU dengan Perguruan Tinggi. Apabila PT calon peserta belum terdata pada database MAGENTA BUMN, calon peserta dapat menghubungi helpdesk FHCI yang tertera pada platform.

Apa saja persyaratan program Magang Umum MAGENTA BUMN?
Kriteria umum pendaftar Magang Umum adalah sebagai berikut:
– Mahasiswa aktif atau fresh graduate D3/D4/S1/S2.
– Usia minimal 17 tahun
– Berkomitmen menjalani magang sesuai durasi yang ditentukan BUMN
Selanjutnya, informasi untuk kualifikasi khusus dapat di lihat pada menu masing-masing lowongan magang pada platform MAGENTA BUMN.

Dokumen persyaratan yang wajib di upload oleh calon peserta program Magang Umum adalah:
– KTP
– CV
– Transkrip Nilai
– Ijazah/Surat Keterangan Lulus (bagi pelamar fresh graduate)
– Sertifikat (opsional)
– Surat Rekomendasi (opsional)

Saat ini kami sedang melakukan peningkatan kapasitas portal untuk memberikan pengalaman mendaftar yang lebih baik kepada seluruh calon peserta MAGENTA BUMN. Mohon untuk menunggu informasi selanjutnya.