Ingin Memiliki Karier yang Cemerlang? Begini Caranya

Apa itu karir?
Menurut KBBI karir adalah perkembangan dan kemajuan dalam kehidupan, pekerjaan, jabatan, dan sebagainya.

Menurut Handoko (2011:58) karir adalah semua pekerjaan jabatan yang ditangani atau dipegang selama kehidupan kerja seseorang.

Menurut Sadili Samsudin (2006:133) mendefinisikan pengembangan karir adalah suatu usaha meningkatkan kemampuan teknis, teoritis, konseptual, dan moral karyawan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan/jabatan melalui pendidikan dan latihan.

Bisa kita simpulkan secara sederhana bahwa karir adalah sebuah pekerjaan yang dijalani seseorang. Dalam menjalankan sebuah karir, seseorang membutuhkan kemampuan atau skill dalam menjalankan pekerjaannya. Jika tidak memiliki kemampuan dalam pekerjaan tersebut tentu saja kalian tidak bisa diterima menjadi bagian dari karir tersebut.

Bagaimanasih karir yang cemerlang?

Tentu secara logikanya karir yang cemerlang ialah sebuah pekerjaan yang kita lakukan sesuai dengan prosedur yang telah ada dan menghasilkan output yang besar atau baik, bahkan jika bisa melewati output yang dihasilkan oleh kebanyakan orang. Contohnya seperti kamu berhasil melakukan input data dengan total yang lebih banyak dibanding pegawai administrasi lainnya. Dari hal tersebut tentu kamu sudah mulai memiliki karir yang cemerlang di tempat pekerjaanmu.

Jika ingin terus memiliki karir cemerlang maka sebisa mungkin kamu harus bisa mempertahankan high perfomance-mu. Tentu untuk mencapai high performance membutuhkan support dari lingkungan sekitarmu, keadaan fisikmu sendiri, dan juga planning dalam bekerja.

Manusia adalah makhluk sosial, yang berarti kita masih membutuhkan orang lain dalam hidup kita. Support dari orang sekitar tentu saja dapat membantumu untuk mencapai high performance-mu.

Tidak hanya support dari sekitar, Keadaan fisik juga mempengaruhi kinerja seseorang. Jika orang sekitarmu terus memberikanmu dorongan tetapi kamu sedang sakit secara fisik, maka kamu juga pasti tidak bisa memberikan high performance dari dirimu sendiri.

Membuat plan dalam bekerja tentu hal yang paling penting dalam mencapai high performance. Menurut ahli manajemen senior, Lutham dan Locke (1979) menegaskan bahwa :

karyawan yang memiliki target menantang akan bekerja lebih baik dari pada pegawai yang memiliki target rendah dan mudah untuk dicapai.

Dari penelitian itu kamu bisa lihat bahwa pekerja bisa  mencapai high performancenya jika memiliki target dalam pekerjaannya. Tentu target itu bisa didapatkan melalui proses perencanaan yang matang.

Dalam perencanaan tentu harus ada obrolan antara kamu dengan pihak manajemen perusahaan, sehingga target yang kamu telah buat masih sejalan dengan perusahaan tempat kamu bekerja. Jangan sampai target yang telah kamu buat dianggap tidak baik oleh perusahaan itu sendiri.

Kesimpulannya

Jika kamu memang ingin mencapai karir yang cemerlang, maka kamu harus memperhatikan ketiga poin yang ditulis diatas yaitu support dari orang sekelilingmu, kesehatanmu, dan juga perencanaan yang kamu buat.

Ketiga hal tersebut tentu saling berkaitan satu sama lain dan tidak terpisahkan. Jika kamu hanya berfokus pada salah satu komponen maka karirmu tidak bisa cemerlang secara maksimal. Kamu akan sulit mempertahankan high performance-mu. Misalnya saja jika kamu sudah memiliki perencanaan yang baik dan benar tetapi kamu tidak memiliki support dari orang sekelilingmu, dan kondisi kesehatan yang tidak kamu perhatikan. Tentu kamu tidak akan bisa mempertahankan high performance-mu dalam jangka panjang. Dalam waktu yang panjang kamu akan merasa kesepian dan kesehatanmu semakin memburuk. Planning yang telah kamu buat tentu menjadi sia-sia. Karir cemerlang tentu didapatkan melalui proses yang panjang dan tidak instan, sehingga ketiga point tersebut harus diperhatikan.

Jadi ingat ketiga point tersebut ya untuk mencapai karir yang cemerlang.

Sumber :kompasiana.com

we love, we can, we share